Pernikahan dan Pengakuan Dosa Online

Ada dua buah berita yang menurut kami menarik untuk diikuti sehubungan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam keseharian kita:

Nikah OnlineLucknow, India, Sebuah sekolah teologi Islam konservatif yang berpengaruh di India, Deoband, hari Kamis (12/7/2007) kemarin menyatakan bahwa pernikahan online umat Muslim melalui Webcam di internet adalah legal dan bisa diterima. Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (13/7/2007)

Coba Anda simak lagi berita selanjutnya:

Greenville, Internet menawarkan banyak kegunaan, bahkan mengaku dosa pun kini bisa dilakukan lewat Internet. Pengakuan dosa online makin marak seiring keberadaan situs-situs yang memfasilitasinya.

Situs-situs pengakuan dosa tersebut termasuk IveScrewedUp.com, NotProud.com dan DailyConfession.com. Seperti dikutip detikINET dari Fox Carolina, Kamis (7/6/2007)

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana onlineWalau diterapkan dalam ritual/kegiatan yang berbeda dengan latar belakang agama/keyakinan yang berbeda dan setting lokasi yang berbeda. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal pemanfaat Teknologi Informasi dalam keseharian.

Menariknya keseharian tersebut tidak hanya menyentuh ranah pribadi seperti selama ini kita mahfum, namun telah lebih jauh lagi memasuki kegiatan spiritual keagamaan yang rasanya tidak masuk akal sulit untuk dipercaya.

Terlepas dari pro dan kontra, sah dan tidak dan seterusnya yang bisa menimbulkan perdebatan panjang, kami mengangkat ini untuk menunjukkan salah satu fenomena peradaban saat ini yang mungkin bisa membuktikan semakin jauhnya ketergantungan manusia akan TI dan Internet. Baca juga kecanduan internet.

Ternyata tanpa kita sadari teknologi sudah sedemikian jauh memasuki relung kehidupan kita tanpa kita mampu membendungnya. Tapi memang kita tidak perlu membentung, biarkan semuanya mengalir dengan mengarahkan agar mengalir ketempat yang benar dan memberi manfaat optimum. Ada komentar??!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s