Merdeka!

HUT Indonesia

(1945-2007)
Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia

Tak terasa.. hajatan besar sudah di depan mata.
Hari-hari belakangan ini akan tercurah pada apa arti kemerdekaan, bagaimana mengisi kemerdekaan, apa pencapaian Indonesia setelah 62 tahun Merdeka dan sebagainya.

Saya ingin mengulas sisi lain dari kemerdekaan.
Kata merdeka bisa dimaknai dengan bebas atau independent.
Tapi bebas dari apa? Penjajahan…
Ok/ penjajahan siapa ke siapa atas apa (yang di jajah)…??!

Kita selalu terperangkap pada pemahaman kebendaan/materi, sehingga pemaknaan merdeka kadang terhenti hanya pada kemerdekaan, secara struktural, dari bangsa penjajah dan kadang lupa penjajahan non struktural apalagi virtual? Nah loh apa lagi tuh!

Kenapa Hollywood (produsen utama film dunia) begitu hebat hingga bisa memvisualisasikan sesuatu yang tadinya hanya ada dalam khayalan atau mimpi seperti nyata?

Menurut saya, karena mereka berfikir merdeka!

Kenapa seniman bisa menghasilkan karya seni yang sangat orisinal serta bercita rasa tinggi?

Sekali lagi, karena seniman tersebut berfikir merdeka!

Kenapa para peneliti sering kali digambarkan sebagai orang yang acuh terhadap lingkungan, kadang dicap anti sosial, hingga seolah melupakan dunia?

Karena mereka ingin memerdekakan fikiran dari pengaruh luar yang berpotensi menghambat kreatifitas. Apa kata dunia?

Apakah sekarang kita sudah merdeka?

Bisa iya bisa tidak!
Secara struktural, kenegaraan, sudah. Secara ekonomi mungkin masih bisa diperdebatkan. Secara keseluruhan…. belum seluruhnya. Utamanya kemerdekaan berfikir.

Karena kita, termasuk saya, seringkali bertindak dan berkata yang tidak memberikan peluang untuk berfikir merdeka.
Contoh, masih banyaknya takhyul, budaya pamali, serta larangan yang tidak selaras dengan logika di masyarakat kita. Akibatnya kita menjadi takut untuk berbuat, berkata bahkan berfikir yang pada gilirannya akan memenjarakan kreatifitas.

Itu menurut saya, entah menurut Anda?

4 pemikiran pada “Merdeka!

  1. Anda bersedia jadi Panitia?
    Wokay?! deh…..!

    Tawaran yang menarik!
    Saya tidak yakin bisa dan punya waktu untuk berlama-lama onlen.
    Sebab saya bukan web admin, hanya hobby dan kadang curi” jam kerja🙂

    Suka

  2. Wah jadi rame yah 17-an (tujuh belasan) tahun ini.
    Ada yang mau bikin ‘negara blog, terus dengan adanya ‘kasus’ lagu Indonesia Raya yang katanya lebih ‘orisinil’ tersebut makin ramai aja.

    Koran, TV apalagi Internet termasuk blog berlomba-lomba memberitakan serta mengulasnya. Dan para blogger saling berlomba bikin posting hal tersebut.

    Saya mau posting juga tapi malu🙂
    Sebab cuma opini tanpa didasari oleh fakta” yang gak sempat saya himpun. Maklum lagi gak sempat baca… sibuk banget ne’.

    Suka

  3. emang negara ini belum 100% merderka
    aku ndiri mpe bingung gmn kok bisa jd kek gini.

    Dan kita harus optimis, dimulai dari kita.. terus lingkungan terkecil… terus membesar seperti obat nyamuk bakar🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s