Mengusir Rasa Kantuk di Kantor

Diserang rasa kantuk dengan tiba-tiba, terutama sesaat setelah waktu makan siang adalah hal yang sering dialami karyawan, mungkin termasuk juga Anda. Apalagi pekerjaan Anda mengharuskan Anda menatap layar komputer berjam-jam, di dalam ruangan ber-AC yang sejuk. Wah.. bisa dibayangkan beratnya mata Anda setiap siang.

Rasa kantuk yang datang tiba-tiba diawali dengan beberapa gejala yang umum, seperti menguap berulang kali, mata terasa pedih, badan terasa lesu tak bertenaga dan sulit berkonsentrasi. Ada banyak penyebab kelelahan dan rasa kantuk, diantaranya; jam tidur yang kurang, bekerja dalam waktu yang tidak sewajarnya, atau memang memiliki masalah dengan jam tidur.Mengantuk saat sedang bekerja di kantor memang menghambat produktifitas kerja karena Anda menjadi tidak fokus dengan pekerjaan Anda. Memang tidak ada obat yang paling manjur selain tidur. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa napping alias tidur siang bisa meningkatkan produktifitas seorang karyawan. Penelitian oleh NASA menyatakan bahwa napping beberapa menit saja (kurang lebih 26 menit) bisa meningkatkan performa kerja sebanyak 34%.

Dr. Sara C. Mednik, penulis buku “Take a Nap! Change Your Life”, menyebutkan dalam bukunya bahwa tidur siang membantu meningkatkan kemampuan memproses memori, alertness dan meningkatkan kemampuan mempelajari hal-hal baru.

Beberapa perusahaan di Jepang bahkan menyediakan ruangan bagi karyawan yang ingin tidur siang. Bahkan di Cina, ada hukum yang menjamin waktu untuk istirahat sejenak setelah makan siang. Di kota-kota besar di Spanyol, banyak restoran yang menyediakan tempat bagi karyawan untuk tidur sejenak setelah makan siang. Namun, karena Anda bekerja di Indonesia yang tidak memiliki kebiasaan tidur siang, maka opsi tidur harus dikesampingkan dulu.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengusir rasa kantuk saat tengah bekerja di kantor:

1. Tidur cukup.
Istirahat yang cukup di malam sebelumnya membantu tubuh Anda untuk jadi lebih fit dan segar selama bekerja. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rata-rata manusia membutuhkan jam tidur sebanyak 7,5 jam setiap harinya agar bisa berfungsi maksimal keesokan harinya.

2. Cari cahaya terang.
Jadi jika rasa kantuk mulai menyerang, carilah tempat yang lebih terang dari lokasi Anda sekarang. Berjalanlah menghampiri jendela dan lihat ke luar sejenak.

3. Basuh muka dan tangan Anda dengan air.
Wajah dan telapak tangan adalah daerah sensitif yang bisa langsung bereaksi dengan kejutan. Air dingin dapat mengejutkan syaraf Anda yang lemas sehingga menjadi alert kembali.

4. Get some fresh air.
Keluarlah dari ruangan kerja Anda dan hiruplah udara luar kantor. Rasakan panas matahari di tubuh Anda.

5. Makan siang kaya protein.
Cobalah untuk mengurangi asupan karbohidrat waktu Anda makan siang. Karbohidrat meningkatkan level serotonin di otak sehingga tubuh menjadi mengantuk. Sementara protein membantu mengurangi peningkatan jadar serotonin dalam otak. Snack on fruit karena dapat dengan cepat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh tanpa membuat Anda lemas.

6. Hiruplah wewangian atau aroma terapi.
Aroma yang segar dapat merangsang indera penciuman Anda. Letakkan pewangi beraroma mint atau jeruk di meja Anda atau pada AC.

7. Dengarkan musik.
Mendengarkan musik dipercaya dapat mengurangi rasa kantuk karena merangsang otak untuk tetap waspada. Suara yang teratur seperti deru AC malah makin membuat Anda mengantuk.

8. Lakukan olahraga ringan.
Luangkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan di kantor selama beberapa menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain berjalan-jalan juga bisa dilakukan dengan menggerakkan kepala, tangan, kaki atau sekedar melakukan stretching ringan.

9.Banyak minum.
Mengantuk disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir ke otak. Minum air putih yang banyak dapat membantu otak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Beberapa orang minum kopi untuk meningkatkan semangat, ini karena kandungan kafein dalam kopi yang berfungsi merangsang sistem saraf pusat. Namun sayangnya efek kafein ini hanya sementara. Cobalah minum green tea untuk menggantikan kopi.

Untuk mengatasi rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang di tempat kerja, Anda terlebih dahulu harus mengenali penyebabnya. Walaupun sering terjadi, perasaan lesu karena mengantuk mau tidak mau dapat menganggu kinerja kerja karyawan. Jangan biarkan rasa kantuk merusak prestasi kerja Anda hari ini.

Sumber: JobsDB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s