Mengenal Layanan Internet untuk Belanja Online dan Profil Risikonya

6b08a767-1672-4b0f-ae3c-24acad622106_169Seiring perkembangan teknologi dan informasi kegiatan transaksi dan jual beli berbagai produk bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Berbagai platform layanan internet pun mulai bermunculan dengan berbagai kemudahan sekaligus risikonya.

detikFinance mencoba memperkenalkan berbagai platform jual beli online beserta ulasan keunggulan dan kelemahannya.

Media Sosial

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana onlineBerdagang menggunakan media sosial alias medsos telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Banyak orang yang memasarkan produknya mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram.

“Melakukan pemasaran lewat Facebook atau Instagram, kelebihannya simple. Penjual terima cash. Ada pembeli yang transfer, dia (penjual) langsung kirim barang, tidak pakai perantara,” ujar Co Founder Bukalapak.com, Fajrin Rasyid ditemui di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Namun demikian, ada kelemahan mendasar yang membuat kegiatan jual beli lewat cara ini dianggap kurang begitu efektif mendongkrak pemasaran.

“Kelemahannya kurang dipercaya oleh pembeli yang belum mengenal kita. Kelemahan kedua adalah manual. Dalam arti, kadang kita bingung, tadi yang beli siapa? Di komentar yang mana?” sambung dia.

Personal Website

Banyak pelaku usaha yang pada akhirnya melakukan pemasaran menggunakan website pribadi khusus untuk merek dagangnya sendiri. Namun mengelola website sendiri rupanya bukan perkara mudah dan murah.

“Positifnya, branding sangat positif karena bisa mendongkrak gengsi pemilik website. Tapi kelemahannya, kita harus punya orang yang benar-benar bisa meluangkan waktu me-maintenance website itu. Effort (usahanya) sangat besar, susah kalau punya website tapi nggak ada yang maintenance dan nggak interaktif dengan pelanggan,” kata Fajrin.

Online Shop

Menurut Fajrin, ada dua jenis online shop yang berkembang di Indonesia saat ini yakni Situs Iklan Baris dan Marketplace.

– Situs Iklan Baris

Online shop berbentuk situs iklan baris adalah jenis online shop yang hanya menyediakan platform berbentuk barisan produk yang ditawarkan pengiklan. Contohnya seperi Lazada, Mataharimall.com, Zalora dan sebagainya.

“Jenis ini mirip berdagang via medsos, pedagang dan pembelinya bertemu langsung. Pembeli tinggal memilih dari barisan iklan yang terkait dengan barang yang dicari lalu mengontak pengiklan langsung,” ujar dia.

Cara ini lebih cepat, namun tidak aman baik bagi pembeli maupun penjual.

“Bisa saja pembelinya palsu, atau penjualnya yang palsu. Terima uang langsung kabur. Ini nggak amannya. Pemilik situs tentu tidak bisa bertanggungjawab lantaran transaksi dilakukan secara pribadi antara penjual dan pembeli,” beber Fajrin.

– Marketplace

Marketplace merupakan situs jual beli online yang menawarkan layanan penjualan secara lengkap. Artinya, kegiatan promosi hingga transaksi jual beli semuanya dilayani dengan sistem yang sudah teruji. Situs jual beli berbentuk Marketplace di Indonesia, contohnya adalah Bukalapak.com, blibli.com, Tokopedia, Elevania dan lainnya.

Situs jual beli jenis ini dianggap lebih aman ketimbang platform jual beli via internet lainnya.

“Karena sistem pembayaran dilakukan melalui aturan yang diberlakukan pengelola situs sehingga menjamin keamanan transaksi. Baik untuk penjual maupun pembelinya. Pengusaha juga nggak perlu pusing memikirkan transaksi karena semua terekam, nggak akan terlewat,” jelas dia.

Meski demikian, situs jual beli model ini menerapkan tarif bagi setiap transaksi sebagai biaya pengelolaan situs.

“Tapi biayanya pun nggak seberapa, cuma sekitar 5-10% dari nilai transaksi. Itu pun hanya dikenakan bagi barang yang berhasil terjual. Jadi misalnya barang di-upload di blibli.com atau Bukalapak.com kemudian nggak laku-laku, maka penjual nggak perlu bayar fee. Jadi nggak akan rugi,” pungkas Fajrin.
(dna/feb)bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Sumber: Dana Aditiasari – detikfinance
http://finance.detik.com/read/2016/02/09/132647/3137592/4/mengenal-layanan-internet-untuk-belanja-online-dan-profil-risikonya

Jangan lupa klik banner dibawah ini yah..
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s